Friday 20 November 2015

AGAR TERHINDAR DARI BAHAYA



Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam telah mengajarkan kepada kita doa-doa agar kita terhindar dari mara bahaya. Berikut dua doa berkaitan dengan hal tersebut:

★ HADIS PERTAMA

Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَا مِنْ عَبْدٍ يَقُوْلُ فِي صَبَاحِ كُلِّ يَوْمٍ وَمَسَاءِ كُلِّ لَيْلَةٍ: بِسْمِ اللَّهِ الَّذِيْ لَا يَضُرُّ مَعَ اسْـمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ، ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، لَمْ يَضُرَّهُ شَيْءٌ.

Tidaklah seorang hamba di setiap pagi dan sore hari mengucapkan doa:

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِيْ لَا يَضُرُّ مَعَ اسْـمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ.

“Dengan menyebut nama Allah, yang dengan nama-Nya segala sesuatu di bumi dan langit tidak akan membahayakan, Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui,“ sebanyak tiga kali, niscaya tidak ada sesuatupun yang dapat membahayakannya. (Hadis sahih riwayat at-Tirmidzi)

★ HADIS KEDUA

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ نَزَلَ مَنْزِلًا ثُمَّ قَالَ: أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ، لَمْ يَضُرَّهُ شَيْءٌ حَتَّى يَرْتَحِلَ مِنْ مَنْزِلِهِ ذَلِكَ.

“Barang siapa singgah di suatu tempat kemudian ia mengucapkan doa:

أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ.

“Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan apa yang Dia ciptakan,“ niscaya tidak akan ada sesuatu pun yang dapat membahayakannya hingga ia meninggalkan tempatnya itu. (HR. Muslim)

☆ PETIKAN FAEDAH:

1. Keutamaan dan manfaat membaca dua doa tersebut.
2. Doa pertama merupakan zikir pagi dan petang yang dibaca sebanyak tiga kali. Adapun doa kedua dibaca ketika singgah di sebuah rumah atau di suatu tempat.
3. Keyakinan bahwa yang dapat mendatangkan manfaat dan mudarat adalah Allah ta’ala semata.
4. Penetapan bahwa Allah Maha mendengar lagi Maha penyayang.
5. Bolehnya berlindung kepada Allah dengan perantara kalimat-kalimat-Nya.

Silakan dihafalkan doa tersebut dan diamalkan. Semoga diberi taufik dan dimudahkan mengamalkannya. Aamiin.

✅ Bagian Indonesia
🏠 ICC DAMMAM KSA
📱 +966556288679
================
📅 [ 08/02/1437 H ]

No comments:

Post a Comment

Sikap terhadap pemimpin yang dzalim

Penulis Muhammad Abduh Tuasikal, MSc -  January 25, 2013 Rosululloh shallahu alaihi wasallam bersabda : “Saya memberi wasiat kepada kalian...