Tuesday 14 June 2016

Semangat salafus sholih menghatam al-qur'an di bulan ramadhan

【 📖 】❝ Semangat Salafus Sholih menghatamkan al-Qur’an di Bulan Ramadhan ❞

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ

Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al Quran”_ (QS. Al Baqarah: 185).

1⃣ Jibril itu (saling) belajar Al-Qur’an dengan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam setiap tahun sekali (khatam). Ketika di tahun beliau akan meninggal dunia dua kali khatam. .” (HR. Bukhari no. 4998).

2⃣ Ibrahim an-Nakhai Rahimahullah berkata : Adalah Al-Aswad menghatamkan al-Qur’an pada bulan Ramadhan duhari sekali”. ( _Siar A'lam an-Nubala_, 4/51)

3⃣  “Qatadah biasanya mengkhatamkan Al-Qur’an dalam tujuh hari. Namun jika datang bulan Ramadhan ia mengkhatamkannya setiap tiga hari. Ketika datang sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan, ia mengkhatamkan setiap malamnya.” ( _Siyar A’lam An-Nubala’_, 5: 276).

4⃣ Adalah Said ibn Jubair Rahimahullah menghatamkan al-Qur’an setiap malam di bulan Ramadhan.

5⃣ Rabi’ ibn Sulaiman berkata: Adalah “Imam Syafi’i biasa mengkhatamkan Al-Qur’an di bulan Ramadhan sebanyak 60 kali.” Ditambahkan oleh Ibnu Abi Hatim bahwa khataman tersebut dilakukan dalam shalat. ( _Siyar A’lam An-Nubala’_, 10: 36).

6⃣ Adalah Mujahid jika bulan Ramadhan tiba ia menghatamkan al-Qur’an setiap hari. (Imam Nawai, _At- Tibyan_, hal. 74).

7⃣ Ibnu ‘Asakir adalah orang yang biasa merutinkan shalat jama’ah dan tilawah Al-Qur’an. Beliau biasa mengkhatamkan Al-Qur’an setiap pekannya. Lebih luar biasanya di bulan Ramadhan, beliau khatamkan Al-Qur’an setiap hari. Beliau biasa beri’tikaf di Al-Manarah Asy-Syaqiyyah. Beliau adalah orang yang sangat gemar melakukan amalan sunnah dan rajin berdzikir.” ( _Siyar A’lam An-Nubala_’, 20: 562).

8⃣ Imam Nawawi _rahimahullah_ menyebutkan bahwa seperti itu berbeda tergantung pada orang masing-masing. Orang yang sibuk pikirannya, maka berusaha sebisa mungkin sesuai kemampuan pemahamannya.

✍ : Ust. abu Rufaydah

No comments:

Post a Comment

Sikap terhadap pemimpin yang dzalim

Penulis Muhammad Abduh Tuasikal, MSc -  January 25, 2013 Rosululloh shallahu alaihi wasallam bersabda : “Saya memberi wasiat kepada kalian...