Saturday 1 December 2012

Ebook Sifat Shalat Nabi Jilid 1


Ebook Sifat Shalat Nabi Jilid 1:

Ebook Sifat Shalat Nabi Jilid 1

Judul Asli: Ashlu Shifati Shalatin Nabiy
Penulis: Muhammad Nashiruddin Al-Albani
Edisi Indonesia: SIFAT SHALAT NAB1 EDISI LENGKAP JILID 1
Penerjemah: Abu Zakaria Al-Atsary
Penerbit: GRIYA ILMU
Cetakan: Pertama, Shafar 1428 H / Maret 2007 M

Shalat adalah sarana peristirahatan dan penyejuk pandangan matanya. Tak terasa olehnya kaki yang membengkak tatkala bermunajat kepada Sang Kekasih di keheningan malam. Seluruh keluh kesahnya tercurah dalam shalatnya. Sosok yang senantiasa memerintahkan umatnya untuk shalat sebagaimana beliau shalat. Adalah rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam. Demikianlah pribadi agung ini menganjurkan dan memberi contoh kepada umatnya. Tampak jelas dalam dirinya kesesuain perintah berikut amalannya.

Melihat sebegitu penting dan seriusnya perintah beliau shalallahu 'alaihi wa sallam, akan ibadah shalat. Ditambah kenyataan sangat memilukan, di mana sebagian kaum muslimin masih banyak yang melaksanakan shalat asal-asalan. Tanpa ilmu, bahkan hanya ikut-ikutan. Seakan shalat hanyalah ritual keseharian. Tidak lain sebatas melepas kewajiban. Maka dari itu, Penerbit merasa perlu menghadirkan kepada segenap kaum muslimin. kitab panduan yang menjelaskan secara tuntas bagaimana sosok agung nan mulia, Muhammad shalallahu 'alaihi wa sallam, melaksanakan shalatnya serta mengajarkannya kepada ummat beliau sejak takbir hingga salam. Seakan-akan pembaca melihatnya secara langsung.

Kitab ini, yakni “Ashlu Sifat Shalat Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam, buah karya Muhaddits, Al-Imam Al-Allamah Nashir As-Sunnah, Muhammad Nashiruddin Al-Albani rahimahullah. Dalam edisi Indonesia, kitab ini disajikan dengan judul: Sifat Shalat Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam Edisi Lengkap (Jilid 1 s.d. 3).

Kitab ini mengupas secara tuntas dan gamblang bagaimana Nabi melaksanakan shalat sejak takbir hingga salam. Seakan penulis rahimahullah tidak lagi memberikan kesempatan kepada selainnya untuk menulis kitab seperti ini. Kekuatan pembahasan, baik dari sisi hadits maupun fiqih yang disertai kelugasan dan kecermatan dalam mengolah alur demi alur bahasan ilmiyah, argumentasi yang memukau dalam setiap pasal pembahasan, bahkan dalam setiap bab permasalahan, adalah karakter kuat yang nampak pada kitab-kitab dan karya ilmiyah beliau. Dan kitab ini adalah salah satu di antaranya.

Pembaca akan menemui dalam kitab ini figur seorang ulama Rabbani, sehingga tidak salah jika lisan berucap: Inilah satu satunya Atsar Ulama As-Salaf yang pernah menyertai kita di zaman ini. Pembaca yang budiman, edisi seri Ashlu Sifat Shalat Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam ini terbagi menjadi tiga jilid terjemahan sebagaimana kitab aslinya. Demikian itu dilakukan untuk memudahkan pembaca sekalian mendapatkan kitab ini jilid demi jilid.

Pada jilid pertama ini. Penulis rahimahullah mengawali kitabnya seputar pembahasan wajibnya mengikuti sunnah Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam dan meninggalkan segala pendapat yang menyelisihinya. Siapa pun yang mengatakannya, baik itu Imam Mazhab ataupun Ulama Mazhab. Sikap dan pendirian beberapa ulama pengikut Mazhab yang meninggalkan sebagian perkataan Imam mereka karena mengikuti As-Sunnah. Dan di akhir pendahuluan kitab ini, beliau juga melansir beberapa keraguan serta kerancuan berpikir beberapa orang yang menisbatkan diri mereka kepada ilmu As-Sunnah serta jawaban terhadap hal tersebut.

Barulah setelah itu, beliau menyebutkan beberapa pembahasan seputar rukun-rukun, hal-hal yang wajib di dalam pengerjaan shalat serta sunnah-sunnah shalat, yang mana pada jilid pertama ini diakhiri dengan pembahasan tentang: Penyatuan Beberapa Surah yang Mempunyai Kesamaan Makna dan Kandungannya dan Juga Surah Lainnya dalam Satu Raka’at. Dengan demikian, jilid pertama dari tiga jilid kitab ini, telah tersajikan secara ilmiah dan diharapkan memberi manfaat yang besar bagi kaum muslimin secara umum, dan bagi penuntut ilmu secara khusus.

Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala menjadikan amal ini sebagai simpanan amal kebaikan bagi penulis rahimahullah di akhirat kelak. Demikian pula bagi semua pihak yang telah berpartisipasi hingga kitab ini bisa hadir di hadapan pembaca. Hanya kepada Allah kita memuji. Semoga Shalawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wa sallam.

Sumber :
Code:
http://www.rismaka.net/2008/08/download-ebook-sifat-shalat-nabi-jilid-1.html




Code:
Download

No comments:

Post a Comment

Sikap terhadap pemimpin yang dzalim

Penulis Muhammad Abduh Tuasikal, MSc -  January 25, 2013 Rosululloh shallahu alaihi wasallam bersabda : “Saya memberi wasiat kepada kalian...